Belanja Online Menjadi Kebiasaan Rutin Bagi Gen Z dan Milenial di Indonesia: Temuan Baru

Belanja Online Menjadi Kebiasaan Rutin Bagi Gen Z dan Milenial di Indonesia: Temuan Baru
Belanja Online Menjadi Kebiasaan Rutin Bagi Gen Z dan Milenial di Indonesia: Temuan Baru

Menariknya, perilaku belanja online yang dilakukan oleh Gen Z dan milenial lebih didorong oleh kebutuhan pribadi, bukan semata-mata karena adanya promo atau diskon besar-besaran. Populix mencatat bahwa sekitar 68% Gen Z dan 70% milenial berbelanja online karena memang ada kebutuhan tertentu. Mereka mengutamakan efisiensi waktu dan kenyamanan dalam berbelanja, yang menjadi alasan utama mereka memilih untuk berbelanja secara daring.

Meski begitu, promo spesial atau diskon tetap menjadi daya tarik tersendiri. Sebanyak 44% Gen Z dan 45% milenial mengaku terdorong untuk berbelanja karena adanya penawaran diskon yang menarik. Momen-momen seperti harbolnas (Hari Belanja Online Nasional) atau diskon besar lainnya tetap menarik perhatian, meskipun tidak menjadi faktor utama dalam keputusan belanja.

Selain itu, payday atau tanggal gajian juga mempengaruhi sebagian besar Gen Z dan milenial untuk berbelanja. Hanya 37% Gen Z dan 39% milenial yang mengaku berbelanja saat gajian, menandakan bahwa alasan belanja lebih berorientasi pada kebutuhan praktis ketimbang kecenderungan impulsif mengikuti tren promosi tertentu.

Lebih menarik lagi, tanggal cantik seperti 11.11 atau 12.12 ternyata tidak begitu memengaruhi keputusan belanja generasi muda. Hanya 29% Gen Z dan 27% milenial yang tergoda untuk berbelanja di momen tersebut, yang menunjukkan bahwa tren belanja pada tanggal-tanggal tertentu sudah mulai kehilangan daya tariknya bagi mereka.

David

David

navigasi.co.id adalah media online yang menyajikan berita sektor energi dan umum secara lengkap, akurat, dan tepercaya.

Rekomendasi

Berita Lainnya

KAI Wisata Hadirkan Santa On The Train, Rayakan Natal dengan Kehangatan di Atas Kereta Wisata

KAI Wisata Hadirkan Santa On The Train, Rayakan Natal dengan Kehangatan di Atas Kereta Wisata

AZKO Hadirkan Konsep Gerai Modern Relevan Ikuti Perubahan Gaya Hidup Konsumen

AZKO Hadirkan Konsep Gerai Modern Relevan Ikuti Perubahan Gaya Hidup Konsumen

Rute Baru DAMRI Jogja Semarang PP Lewati Ikon Wisata Tarif Rp70 Ribu

Rute Baru DAMRI Jogja Semarang PP Lewati Ikon Wisata Tarif Rp70 Ribu

Jalur Trans Jogja Terbaru Perluas Akses Wisata Kampus Bandara Tarif Terjangkau

Jalur Trans Jogja Terbaru Perluas Akses Wisata Kampus Bandara Tarif Terjangkau

Jadwal KA Prameks Jogja Kutoarjo Rabu 24 Desember 2025 Lengkap

Jadwal KA Prameks Jogja Kutoarjo Rabu 24 Desember 2025 Lengkap